8 manfaat unik garam




8 Manfaat Unik Garam

Rasa asin garam membuat berbagai masakan terasa lebih sedap. Tetapi ternyata selain digunakan untuk memasak, garam juga mempunyai banyak kegunaan antara lain :


1.       Mengusir Semut

Garam bersifat higroskropis atau menyerap air. Karena itulah semut-semut menghindarinya. Sebab kalau sampai masuk ketubuhnya, semut itu akan mati karena dehidrasi. Jadi taburkan garam atau semprotkan air garam disekitar rumah untuk mengusir semut.

2.       Mengawetkan Makanan


Bahan makanan seperit beras, daging, ikan, atau telur dapat lebih awet jika dicampur atau diolah oleh garam. Sebab kehadiran garam akan mencegah autolisis atau penghancuran sel. Jadi ikan asin dan telur asin pun bisa awet.

3.       Menghilangkan Kerak


Untuk menghilangkan kerak pada panci atau wajan sebenarnya mudah. Tuangkan garam dan segelas air kedalam panci. Setelah itu, rebus sekitar 15 menit. Angkat panci, biarkan dingin, dan cuci panci seperti biasa. Pasti keraknya lebih mudah terangkat.

4.       Mengangkat Noda

Garam juga bisa membantu mengangkat noda, seperti tumpahan cat atau oli. Caranya dengan menaburkan sedikit garam pada bagian yang kotor, kemudian gosok perlahan memakai lap.

5.       Membuat Air Lebih Cepat Mendidih


Mengapa perlu memasukkan garam keberbagai masakan ? Sebab selain menyedapkan masakan, garam akan membantu air supaya lebih cepat mendidih. Masakan pun lebih cepat matang.

6.       Mengawetkan Bunga


Selain makanan, sifat garam yang bisa membunuh bakteri juga membuat bunga di vas tidak cepat layu dan tetap segar. Tambahkan sedikit garam pada vas bunga yang sudah diisi air.

7.       Menghilangkan Bau Tak Sedap


Terganggu dengan bau bawang, bau kaki, bau sampah, atau bau cat ? Garam ternyata bisa menghilangkannya, cuci bagian tubuh atau tempat sampah menggunakan sedikit campuran garam dan air jeruk nipis. Untuk kamar yang baru di cat, taruh saja semangkuk air garam disitu. Ini karena sifat garam yang bisa menyerap uap air dan membunuh bakteri.
 
8.       Menghilangkan Karat


Garam bisa membuat logam lebih cepat berkarat. Tapi jika dicampur dengan air jeruk nipis, ia justru bisa mengangkat karat. Kadar asamnya yang bereaksi dengan jeruk nipis akan menggerus karat dari benda-benda logam.

Cara Membuat Garam

Garam berasal dari air laut. Para petani garam menaruh air laut didalam petakan-petakan, lalu menjemurnya dibawah sinar matahari selama sekitar seminggu. Karena titik didih air lebih rendah dibanding garam, ia akan menguap lebih dulu dan meninggalkan kristal-kristal garam. Tumpukan kristal garam ini kemudian dicuci lagi berkali-kali dan dijemur agar layak dikonsumsi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.