Khasiat buah dan sayur warna ungu




Khasiat Buah dan Sayur Berwarna Ungu

Buah dan Sayur itu ternyata mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan atau mencegah reaksi zat perusak sel (radikal bebas).

Mengapa bisa berwarna ungu ?
Warna ungu ini diberikan oleh zat Fitokimia yang mempunyai efek antioksidan tadi. Selain antioksidan, masih banyak lagi manfaat lainnya :

Antipenuaan

Buah dan Sayur ungu seperti plum, prune, bit, dan wortel ungu mengandung anthocyanin yang berfungsi menghambat proses penuaan. Dia akan melindungi DNA (molekul penyimpan kode genetik dalam inti sel), menjaga protein dan lemak dari paparan stres oksidatif (kondisi jumlah radikal bebas melebihi kapasitas antioksidan), menurunkan peradangan, mencegah kerusakan kolagen (agar kulit tetap kenyal), mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang), dan menjaga kesehatan mata.


                                             Plum                                              Wortel ungu
Antikanker

Ada juga kandungan resveratrol yang paling banyak terdapat di anggur, blueberry, dan sejenisnya. Penelitian menemukan bahwa resveratrol dapat memicu kematian sel kanker, sehingga mampu mencegah kanker prostat, payudara, kulit, hati, dan paru-paru.
Menjaga Jantung dan Pembuluh darah
Kandungan polyphenol-nya membantu memelihara fungsi pembuluh darah. Sementara kandungan karoten dan asam fenolatnya mampu menurunkan peradangan kronik terkait dengan penyakit jantung dan pembuluh darah. Contohnya terdapat pada buah anggur, kubis ungu, kentang ungu, dan terong.


                                             Anggur                                    Blueberry

Menurunkan Berat badan

Kentang ungu merupakan kelompok kentang dengan indeks glikemik (potensi meningkatkan kadar gula darah) sedang dan kaya akan serat. Satu buah kentang ungu kurang lebih mengandung 4 gram serat yang dapat membantu menurunkan berat badan.
                                                                    Kentang ungu

1 komentar:

  1. nice information http://obattrigliseridatinggi.xyz | http://jellygamat-qnc.xyz | http://calciumsoftgel.xyz

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.